Agen Asuransiku$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Inilah Besaran dan Macam-Macam Penghitungan Komisi Makelar Mobil

Makelar mobil, sebuah profesi yang umum kita temui di lingkungan kita. Profesi yang kelihatannya tidak begitu sulit, namun juga sekaligus te...

Makelar mobil, sebuah profesi yang umum kita temui di lingkungan kita. Profesi yang kelihatannya tidak begitu sulit, namun juga sekaligus terlihat menjanjikan pendapatan yang lumayan bila ditekuni. Bahkan banyak juga orang yang pada akhirnya sukses memiliki showroom mobil bekas sendiri berawal dari menekuni profesi sebagai makelar mobil ini.

Mungkin ada banyak diantara kita yang bertanya-tanya dalam hati, berapa sih sebenarnya pendapatan yang bisa didapat oleh makelar mobil ini. Apalagi jika kita berencana akan menjual atau membeli mobil, yang terkadang mau tidak mau harus berurusan dengan makelar. 

Namanya saja makelar, maka pendapatannya sebagian besar juga akan bergantung dari transaksi jual-beli mobil yang berhasil dimakelarinya. Dari setiap transaksi itu, makelar mobil akan menerima komisi yang besaran dan cara penghitungannya bervariasi.

Ada bermacam-macam bentuk komisi yang didapatkan oleh makelar. Ada sangat banyak bentuk komisi yang bisa didapatkan. Berikut inilah besaran dan macam-macam penghitungan komisi makelar mobil, melansir dari madjongke.com.

1. Hasil dari keuntungan yang dicari sendiri

Makelar seperti ini biasanya sudah pengalaman dan mendapat kepercayaan dari pemilik mobil. Jadi makelar berperan sebagai wakil pemilik mobil. Mungkin karena sudah kenal, sudah akrab, sehingga makelar bebas membawa unit langsung ke penjual.

Atau bisa juga unit tetap ditempat, hanya saja penjual tidak ikut terlibat dalam transaksi. 100% transaksi dilakukan oleh makelar dengan calon pembeli. Besaran komisi yang didapatkan pun bervariasi, tergantung dari jenis dan harga mobil yang dipilih. Umumnya 2-15 juta bisa didapatkan makelar. Semakin mahal dan semakin tinggi pasaran mobil, komisinya akan semakin tinggi.

2. Pemberian secara suka rela dari penjual atau bahkan pembeli

Namun ada juga makelar yang bersedia menerima suka rela dari penjual. Transaksi terjadi begitu saja dan makelar tidak mengotak atik harga. Setelah kesepakatan terjadi, makelar diberi oleh penjual saja atau kadang pembeli juga memberikan komisi. Ini juga tergantung dari kebiasaan lingkup makelar tersebut. Rata-rata komisi yang didapatkan 1-2 juta rupiah.

3. Sistem titip kepada pemilik mobil

Misalkan harga mobil 100 juta, jika terjual dengan harga tersebut maka 2 juta adalah hak makelar. Karena sebelumnya makelar sudah membuat kesepakatan dengan penjual titip 2 juta. Jadi peran makelar hanya mempertemukan dan membantu proses transaksi.

Masalah kesepakatan harga tetap ditangan pemilik. Tapi pemilik tahu makelar sudah titip 2 juta didalam harga kesepakatan tersebut. Rata-rata kalau titip kepada penjual, makelar tidak terlalu banyak mengambil. 1-5 juta tergantung jenis dan harga mobil.

4. Sistem bagi keuntungan bersih dan refund dari leasing

Biasanya kerja sama ini dilakukan makelar dengan pedagang mobil bekas. Dari keuntungan bersih dibagi dengan perbandingan 80:20 lebih banyak penjual mobil. Tapi karena pembeli membayar dengan pembiayaan leasing, penjual mendapatkan refund dari pihak leasing.

Nah, refund itu kemudian dibagi kembali dengan makelar oleh penjual. Kalau dengan sistem ini, semua dipengaruhi kesepakatan dan juga harga dari mobil yang dijual. Bisa mendapatkan 5-10 juta dalam transaksi.

5. Bonus dan gaji bulanan

Makelar ini sudah terikat hubungan kerja dengan pedagang mobil. Diluar itu dia bisa mendapatkan komisi dengan sistem lain, tapi dengan pedagang yang sudah terikat hubungan kerja, hanya mendapatkan gaji bulanan. Ketika ada mobil yang laku akan mendapatkan bonus tergantung dari harga mobil yang terjual. Kisaran bonus yang didapatkan mulai dari 500 ribu - 1 juta rupiah.

6. Perjanjian kepada penjual dengan nominal pasti untuk setiap mobil yang terjual

Ada juga yang memiliki kesepakatan dengan penjual. Apapun mobil yang laku, komisinya tetap tidak berubah. Jika kesepakatan 1 juta maka akan segitu terus. kisaran komisi yang didapatkan rata-rata 1 - 3 juta saja.

7. Perpaduan dari beberapa sekaligus

Namun ada juga makelar yang ahli dalam mengolah perjanjian. Bisa mendapatkan beberapa komisi sekaligus. Misalnya masih bisa mencari keuntungan sendiri, mendapatkan komisi dari penjual dan pembeli, bahkan masih mendapatkan refund dari leasing.

Makelar yang bisa seperti ini biasanya memiliki pengaruh yang kuat. Dalam lingkup jual beli mobil cukup disegani oleh banyak kalangan. Komisi yang didapatkan tidak terhingga, karena bisa saja keuntungan makelar lebih banyak dari penjual sendiri.

COMMENTS

Baca Juga

Name

agen asuransi,41,allianz,3,asuransi,160,asuransi kendaraan,4,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,20,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,47,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,iconnet madiun,1,Iconnet nganjuk,1,iconnet ponorogo,2,investasi dan trading saham,5,jiwasraya,2,keuanganku,149,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,55,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,4,Sequis Life,1,Serba-Serbi,149,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,28,umkm,2,video populer,14,virus corona,57,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Inilah Besaran dan Macam-Macam Penghitungan Komisi Makelar Mobil
Inilah Besaran dan Macam-Macam Penghitungan Komisi Makelar Mobil
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjDbqxVXiIaqywQwWkh4cfNW-OH6QHUbyrqOqvAe-LT6MJxQ01I_sWO1d2UR6eu58d7wWKMFb-EQ5rtnqtcyXvObmF3xtTvuYU-Ol2qe2Zmpsps7bFuDjQMeLAzq1_WMIfYI2ySUXT8SWwBDJU6cJG-1ruCxpRVunqM2IJaMaP5FxFPZDuFxOiOaj4s=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjDbqxVXiIaqywQwWkh4cfNW-OH6QHUbyrqOqvAe-LT6MJxQ01I_sWO1d2UR6eu58d7wWKMFb-EQ5rtnqtcyXvObmF3xtTvuYU-Ol2qe2Zmpsps7bFuDjQMeLAzq1_WMIfYI2ySUXT8SWwBDJU6cJG-1ruCxpRVunqM2IJaMaP5FxFPZDuFxOiOaj4s=s72-c
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2021/12/inilah-besaran-dan-macam-macam.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2021/12/inilah-besaran-dan-macam-macam.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH AGEN ASURANSI Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close