Agen Asuransiku$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Jangan Sampai Ditiru, Begini Cara Menyulap Uang Palsu Menjadi Uang Asli Langsung Melalui ATM

Pelaku pemalsuan uang semakin canggih dan pintar dalam menjalankan aksinya. Bagaikan main sulap, uang palsu sejumlah miliaran rupiah bisa be...

Pelaku pemalsuan uang semakin canggih dan pintar dalam menjalankan aksinya. Bagaikan main sulap, uang palsu sejumlah miliaran rupiah bisa berubah menjadi uang asli dan tulen dalam sekejap saja. Tidak tanggung-tanggung, pelaku pemalsu uang dengan berani menukarkan uang palsu hasil karyanya ke Bank, langsung melalui mesin ATM Setor Tunai. 

Beruntung jajaran Polrestabes Semarang, Jawa Tengah, berhasil mengungkap kasus ini dan menangkap empat orang yang tersangka pelaku. Mengutip jppn.com, Jumat (27/11/20), Empat pelaku yang ditangkap tersebut adalah Yapto Sudibyo (31) warga Muktiharjo Kidul Kota Semarang, Suripto (51) warga Kabupaten Wonosobo. Dua lagi yakni Achmad Sodikin (49) warga Kabupaten Batang dan Yasir Nugroho (35) warga Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kasus ini berhasil diungkap setelah ada laporan pihak bank yang menemukan uang palsu di mesin ATM setor tunai. 

"Modus pelaku ini dengan menyetorkan uang lewat ATM setor tunai," terang Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis di Semarang, didampingi Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Indra Mardiana, mengutip media yang sama.

Menurut Polisi, masing-masing pelaku memainkan peran tersendiri dalam menjalankan aksi kejahatannya. Tersangka Yapto adalah orang yang mencetak uang palsu dengan menggunakan komputer dan mesin printer. 

Uang palsu pecahan Rp100 ribu yang sudah dicetak itu kemudian dijual kepada tersangka Sodikin dengan harga Rp2,7 juta per 100 lembar. Oleh Sodikin, uang palsu yang ia beli tersebut tidak langsung ditukarkan dengan uang asli, namun masih dijual lagi kepada orang lain.

Pembeli terakhir uang palsu itu adalah tersangka Suripto, yang membelinya dari Sodikin dengan harga Rp3 juta per 100 lembar. Oleh tersangka Suripto, uang palsu tersebut barulah diolah lagi agar bisa ditukarkan dengan uang asli melalui mesin ATM Setor Tunai.

Mengoplos uang palsu dengan uang asli

Modus dan trik yang digunakan oleh Suripto benar-benar cerdik, sehingga mesin ATM Setor Tunai pun bisa dikelabuhi dan mau menerima uang palsu tersebut. Agar triknya berjalan mulus, terlebih dahulu Suripto menyiapkan sejumlah uang asli dengan pecahan yang sama, yakni Rp100 ribu. Setelah itu satu lembar uang asli pecahan Rp100 ribu dibagi menjadi dua, dan untuk selanjutnya ditempel di salah satu sisi uang palsu. Setelah uang asli dan uang palsu ini dioplos serta digabungkan, barulah disetorkan lewat ATM. 

"Uangnya kemudian disetor lewat ATM. Setelah masuk, uang itu diambil lagi lewat ATM lain," jelasnya masih mengutip jppn.com. 

Polisi yang berhasil mengungkap kejahatan dengan trik baru ini, selain mengamankan pelaku diamankan pula sebuah komputer serta delapan mesin printer yang diduga digunakan untuk memproduksi uang palsu tersebut. Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Nah itu tadi sobat literasi, jangan ditiru cara cerdas menyulap uang palsu menjadi uang asli langsung melalui ATM.

COMMENTS

Baca Juga

Name

agen asuransi,41,allianz,3,asuransi,159,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,20,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,47,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,investasi dan trading saham,3,jiwasraya,2,keuanganku,139,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,53,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,3,Sequis Life,1,Serba-Serbi,134,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,28,video populer,14,virus corona,57,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Jangan Sampai Ditiru, Begini Cara Menyulap Uang Palsu Menjadi Uang Asli Langsung Melalui ATM
Jangan Sampai Ditiru, Begini Cara Menyulap Uang Palsu Menjadi Uang Asli Langsung Melalui ATM
https://1.bp.blogspot.com/-wAU1GSMQRXU/X8JQpp0RIkI/AAAAAAAAC4o/Smu2khu1qYsuYENTQ4eFcGqekYrdbe69ACLcBGAsYHQ/s320/C06E5873-FD4B-4167-8228-63A0ED52DF3B.png
https://1.bp.blogspot.com/-wAU1GSMQRXU/X8JQpp0RIkI/AAAAAAAAC4o/Smu2khu1qYsuYENTQ4eFcGqekYrdbe69ACLcBGAsYHQ/s72-c/C06E5873-FD4B-4167-8228-63A0ED52DF3B.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2020/11/jangan-sampai-ditiru-begini-cara.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2020/11/jangan-sampai-ditiru-begini-cara.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH AGEN ASURANSI Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close