Agen Asuransiku$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Penjaga Kolam Renang ini Bangkit dari Keterpurukan dengan Bisnis Ikan Cupang Hias

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Penjaga Kolam Renang ini Bangkit dari Keterpurukan dengan Bisnis Ikan Cupang Hias -  Hoby apapun jika ditek...



Tetap Produktif di Masa Pandemi, Penjaga Kolam Renang ini Bangkit dari Keterpurukan dengan Bisnis Ikan Cupang Hias - Hoby apapun jika ditekuni pasti juga bisa mendatangkan dan menghasilkan uang. Adagium ini pasti sudah banyak dari kalian yang pernah mendengarnya. Namun apakah benar demikian dan sudahkah kalian membuktikannya?

Adalah Patria Nugraha (30), Berawal dari hobinya yang suka memelihara hewan, ia pun mencoba peruntungan untuk beternak ikan cupang. Apalagi Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memaksanya untuk mencari penghasilan tambahan demi menyambung hidup. 

Mengutip kompas.com, Senin (5/10/2020), Patria adalah lulusan program D3 Universitas Indonesia dan S1 Universitas Padjajaran yang bekerja sebagai penjaga kolam renang di sebuah sekolah internasional di Jakarta. Penghasilan bulanan dari pekerjaan utamanya kini berkurang hingga 50 persen akibat pandemi. Apalagi, sebelum pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, ia bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajar renang secara privat. 

Namun, Covid-19 menghancurkan sendi-sendi perekonomian rumah tangganya. "Ini pandemi ini parah sih. Kalau diam aja ga ngapa-ngapain, ini bisa mati perlahan. Makanya gue nyoba usaha," kata Patria, mengutip media yang sama.

Tidak patah arang, Patria pun mencoba untuk memberanikan diri memulai usaha beternak ikan cupang. Sebidang lahan yang kebetulan tersedia di rumahnya ia manfaatkan untuk mengawinkan dan memelihara ikan cupang hingga siap dijual. 

Dengan cerdas ia mencoba memanfaatkan tren ikan cupang hias yang melanda Jakarta dan sekitarnya. Saat ini, bisnis jual beli ikan cupang hias baik secara offline maupun online memang lagi lumayan booming. "Bisnis ikan cupang lagi lumayan sih. Banyak yang nyari untuk didagangin. Jadi saya nernak buat suplai pedagang," ujarnya. 

Patria memulai bisnis iakn cupang hiasnya dengan melakukan riset kebutuhan untuk beternak ikan cupang hias. Ia memanfaatkan Youtube, Facebook, dan Instagram untuk belajar menernak ikan cupang hias, "Awal suka cupang pas SD, itu cupang aduan. Sekarang, gue coba lakuin yang gue bisa dan bisa ngehasilin sesuatu. Gue coba produktif di masa pandemi Covid-19," tambah Patria, masih mengutip dari media yang sama.

Dengan modal awal hanya 500 ribu rupiah, ia membeli sepasang ikan cupang plakat milik orang dari Tangerang lewat Facebook. Kemudian, ia mencoba mengawinkan ikan cupang tersebut. 

Naas, usaha memang tidak selalu berjalan mulus. Panen pertama yang harusnya di bulan Mei gagal. "Pas mau panen, eh satu ember itu kena penyakit jamur (white spot). Itu satu lubukan (ember), isi kira-kira 100 ekor mati. Kerugian kira-kira Rp 1 juta. Bulan Mei itu sisa lima ekor ikan," kata Patria. 

Bahkan, sebelum 100 ekor ikan cupang itu mati, induk ikan cupang yang ia pelihara pun ikut mati. Masalahnya adalah Ia teledor ketika memelihara ikan cupang tersebut. "Indukan sempet mati karena kepanasan. Indukan mati sebelum panen karena kesalahan gue, ikannya kejemur dan kepanasan." tambahnya. 

Dalam prosesnya, Patria memelihara ikan cupang hias hingga umur 3,5-5 bulan. Ikan cupang hias umur 3,5 bulan itu ia sebut sebagai bahan, lantaran masih bisa dipelihara lagi setelah dijual. Sementara itu, ikan cupang hias berumur 5 bulan tergolong siap kawin. Di umur 5 bulan, ikan cupang hiasnya sudah mengeluarkan warna yang maksimal. 

Sekarang, ia pun telah mulai memetik buah hasil kerja keras dan ketekunannya. Dari beternak ikan cupang hias, ia mulai mendapatkan uang. Setiap bulan bisa mengantongi uang hingga mencapai Rp 500.000 dari penjualan ikan cupang. "Ternyata dari hasil ternak lumayan lah. Karena lagi booming ikan cupang," ujar Patria. Ia menjual ikan cupangnya lewat Instagramnya @cahayanyupang dan melalui Facebook pribadinya. Patria juga memasarkan ikan cupang ternakannya lewat grup-grup pencinta ikan hias. Patria menerima pembelian ikan cupang hias dalam partai besar. Ikan cupang hias ia jual dengan harga Rp50.000 dengan minimal penjualan sebanyak 10 ekor dan mulai dari Rp 100.000 jika membeli satuan. 

Seekor ikan cupang hias pun memiliki harga yang bervariasi tergantung dengan kualitas ikan. Patria menyebutkan, semakin warna di badan ikan cupang terlihat, harga semakin mahal. "Misalnya beli di toko itu ikan cupang bisa Rp 200.000, kalau lelang di Instagram, ada orang suka banget sama ikan cupangnya, harganya bisa lebih mahal," tambahnya. 

Di panen kedua pada bulan September, ia bisa mengantongi uang Rp 1,5 juta. Ia sendiri panen ikan cupang hias setiap 3,5 bulan sekali. Ia memiliki strategi agar penghasilannya stabil yakni dengan mengawinkan ikan cupang hias setiap bulan. Dengan begitu, Patria bisa memanen dan menjual ikan cupang hias setiap bulan. 

Hingga saat ini, Patria berpikir untuk meneruskan usahanya menernak ikan. Ia sedang berusaha menambah media untuk mengawinkan ikan cupangnya. Target penghasilan yang ia ingin capai dari beternak ikan cupang hias yaitu Rp3 juta per bulan. Setiap hari, ia selalu meluangkan waktu 2-3 jam untuk mengurus ternak ikan cupang hiasnya.

Artikel Asuransi

Baca Juga

Name

agen asuransi,40,allianz,2,asuransi,157,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,19,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,45,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,investasi dan trading saham,2,jiwasraya,2,keuanganku,133,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,49,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,126,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,27,video populer,14,virus corona,56,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Tetap Produktif di Masa Pandemi, Penjaga Kolam Renang ini Bangkit dari Keterpurukan dengan Bisnis Ikan Cupang Hias
Tetap Produktif di Masa Pandemi, Penjaga Kolam Renang ini Bangkit dari Keterpurukan dengan Bisnis Ikan Cupang Hias
https://1.bp.blogspot.com/-bz0hwR6ap88/X30qT_kT_oI/AAAAAAAACd4/nqb6tfKwrsgt7R_seH8Dz5cRTGBv0Kx-ACLcBGAsYHQ/s320/2AF842C6-CDAF-4990-81DC-0B7A135BD789.png
https://1.bp.blogspot.com/-bz0hwR6ap88/X30qT_kT_oI/AAAAAAAACd4/nqb6tfKwrsgt7R_seH8Dz5cRTGBv0Kx-ACLcBGAsYHQ/s72-c/2AF842C6-CDAF-4990-81DC-0B7A135BD789.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2020/10/tetap-produktif-di-masa-pandemi-penjaga.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2020/10/tetap-produktif-di-masa-pandemi-penjaga.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH AGEN ASURANSI Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close