Agen Asuransiku$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Begini 5 Langkah Cara Menggadaikan Saham di Pegadaian

Masih ingatkah di Indonesia masih ada sebuah lembaga keuangan yang bukan Bank, Koperasi ataupun Leasing. Ya, lembaga keuangan yang terkenal ...



Masih ingatkah di Indonesia masih ada sebuah lembaga keuangan yang bukan Bank, Koperasi ataupun Leasing. Ya, lembaga keuangan yang terkenal dengan taglinenya; “Mengatasi masalah tanpa masalah”. Benar, itulah dia Pegadaian.

Kalau dulu hanya barang elektronik atau emas yang bisa digadaikan di Pegadaian, namun kini seiring perkembangan jaman, saham dan obligasi juga bisa digadaikan (Gadai Efek).

Lalu, bagaimana cara mengajukan Gadai Efek tersebut?  Nah, lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Mengutip Finansialku.com, Gadai Efek adalah produk baru dari Pegadaian yang memberikan pinjaman dengan jaminan kepemilikan surat berharga, berupa saham dan atau obligasi.

Fasilitas Gadai Efek ini dapat dimanfaatkan oleh nasabah dalam berbagai kondisi. Baik pada saat nilai saham mengalami penurunan maupun pada saat nilai saham sedang mengalami kenaikan.

Berikut ini adalah kriteria obligasi dan saham yang masuk dalam dapat dijadikan jaminan produk gadai efek Pegadaian.

Obligasi

Jenis obligasi yang dapat digadaikan sesuai dengan kriteria Pegadaian adalah Obligasi Pemerintah, Obligasi tercatat dan diperdagangkan di BEI, Obligasi Ritel Indonesia (ORI), dan Surat Utang negara (SUN) dengan syarat masa jatuh tempo obligasi minimal 180 hari.

Saham

Produk Gadai Efek Pegadaian menerima saham LQ45, indeks saham yang terdiri dari 45 perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu di Bursa Efek.

Selain itu, saham yang digadaikan harus memiliki haircut kurang dari sama dengan 30% (≤30%), dimana haircut merupakan pengurang nilai saham yang besarannya di terbitkan oleh KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia) dan jumlah minimal penerimaannya adalah 1 lot (100 Lembar).

Ada beberapa syarat ketika ingin mengajukan Gadai Efek di Pegadaian, yaitu:

Pertama, saham dan obligasi yang diterima adalah scriptless.

Apabila nasabah mengajukan gadai saham, maka saham tersebut merupakan Saham LQ45 dengan haircut kurang dari sama dengan 30% (≤30%) dan minimal penerimaan pecahan 1 lot.

Sedangkan bagi nasabah yang akan mengajukan gadai obligasi, obligasi yang bisa dijaminkan harus tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, merupakan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Surat Utang Negara (SUN). Masa jatuh tempo obligasi tersebut minimal 180 hari.

Kedua, bagi individu yang akan mengajukan Gadai Efek diharuskan memiliki KTP, NPWP, SID, jaminan berupa saham atau obligasi, rekening bank dan nomor handphone, serta mengisi formulir pengajuan.

Ketiga, bagi korporasi yang akan mengajukan Gadai Efek, syaratnya harus ada KTP individu yang mewakili, rekening efek, SID institusi, AD/ART dan perubahan terakhir, akta pendirian, mengisi formulir pengajuan, dan menyerahkan laporan keuangan

Ajukan Persyaratan Ke Kantor Pegadaian atau Aplikasi Pegadaian Digital

Setelah itu, petugas Unit Gadai Efek (UGE) yang berlokasi di Kantor Pusat Pegadaian Jakarta akan menghubungi untuk memandu pengisian dan mempersiapkan berkas yang diperlukan.

Pengajuan Gadai Efek bisa dilakukan melalui Aplikasi Pegadaian Digital. Anda bisa mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store dan Apple App Store serta melakukan registrasi, link CIF, dan aktivasi finansial serta mengisi nomor SID di aplikasi tersebut.

Mengisi Formulir Pengajuan Gadai Efek

Nasabah harus mengisi dan mengajukan formulir pengajuan yang kemudian dikembalikan kepada petugas Pegadaian.

Nasabah yang berdomisili di Jakarta dapat langsung mendatangi kantor Unit Gadai Efek Pegadaian Unit Gadai Efek (UGE) di Kantor Pusat Pegadaian, Jl. Kramat Raya No. 162, Jakarta Pusat atau melakukan penandatangan di tempat lain sesuai kesepakatan.

Proses Pencairan Uang Pinjaman

Nasabah melakukan mutasi efek atau pledge efek sesuai dengan instruksi petugas Unit Gadai Efek Pegadaian. Setelah pinjaman disetujui, nasabah akan mendapatkan SMS berisi link aplikasi untuk melakukan konfirmasi.

Jika konfirmasi diterima, maka uang pinjaman akan dicairkan melalui transfer ke bank yang ditentukan.

Mudah, Cepat & Aman

Manfaatkan Aset Anda tanpa harus kehilangan status kepemilikan dengan Produk Gadai Efek dari Pegadaian yang akan mengatasi masalah tanpa masalah karena produk ini diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nasabah dapat mengajukan pinjaman dana dari nominal Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) sampai dengan Rp 5.000.000.000 (lima miliar rupiah) untuk nasabah individu dan Rp 20.000.000.000 (dua puluh miliar rupiah) untuk nasabah korporasi, dengan Jangka waktu pinjaman maksimal adalah 90 hari dan bisa diperpanjang atau dilunasi sewaktu-waktu.

Informasi lebih lanjut tentang cara mengajukan Gadai Efek Pegadaian, bisa mengunjungi  www.pegadaian.co.id atau www.sahabatpegadaian.com. Selain itu, Anda bisa menghubungi Call Center Pegadaian di 1500-569 dan Whatsapp di 0812 1800 3757.

Artikel Asuransi

Baca Juga

Name

agen asuransi,40,allianz,2,asuransi,157,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,19,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,45,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,investasi dan trading saham,2,jiwasraya,2,keuanganku,133,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,49,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,125,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,27,video populer,14,virus corona,56,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Begini 5 Langkah Cara Menggadaikan Saham di Pegadaian
Begini 5 Langkah Cara Menggadaikan Saham di Pegadaian
https://1.bp.blogspot.com/-8V4CGRhwWVQ/X3xG3msWAsI/AAAAAAAACdc/qQy8x0Qc-64-v2vz7WzHuj7zmCQNlqXXQCLcBGAsYHQ/s320/1A169AE9-9B0D-4AAD-8CA4-B360BC0B0686.png
https://1.bp.blogspot.com/-8V4CGRhwWVQ/X3xG3msWAsI/AAAAAAAACdc/qQy8x0Qc-64-v2vz7WzHuj7zmCQNlqXXQCLcBGAsYHQ/s72-c/1A169AE9-9B0D-4AAD-8CA4-B360BC0B0686.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2020/10/begini-5-langkah-cara-menggadaikan.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2020/10/begini-5-langkah-cara-menggadaikan.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH AGEN ASURANSI Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close