AGEN ASURANSI$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Bagaimana Cara Menghemat Pendapatan Agar Terbentuk Anggaran Masa Depan yang Siap Pakai

Pendapatan bulanan, entah itu dari gaji ataupun hasil keuntungan bisnis yang kita jalankan, seberapapun besarnya akan menguap begitu saja ji...

Pendapatan bulanan, entah itu dari gaji ataupun hasil keuntungan bisnis yang kita jalankan, seberapapun besarnya akan menguap begitu saja jika tidak dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Padahal ada banyak kebutuhan yang masih akan terus muncul dan membutuhkan biaya dimasa depan.

Masalahnya adalah, tidak semua orang mampu mengelola keuangan dengan baik. Pendapatan berapa, dihabiskannya juga berapa. Padahal cara mengatasinya sebenarnya sederhana, yakni belajar untuk menghemat pengeluaran bulanan. Dengan melakukan penghematan pengeluaran bulanan, itu artinya kita memiliki sisa margin dari pendapatan yang kita dapatkan rutin setiap bulannya. Dari sini maka lama kelamaan akan terbentuklah anggaran cadangan yang bisa kita manfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan di kemudian hari.

Nah, agar kita lebih mudah berhemat, Berikut ini redaksi literasikeuanganku.com merangkumkan bagaimana cara menghemat pendapatan agar terbentuk anggaran masa depan yang siap pakai, yang bisa mulai Anda terapkan sekarang juga.

Membuat Anggaran Bulanan 

Mulai sekarang Anda harus mencoba membuat anggaran untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam satu bulan penuh. Tentukan secara spesifik berapa nominal uang yang dibutuhkan untuk suatu kepentingan tertentu. Setelah anggaran ditetapkan, Anda bisa memfokuskan anggaran tersebut khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan, tidak lebih dan tidak kurang. 

Tidak kalah penting adalah, Anda harus disiplin mematuhi rencana anggaran yang sudah Anda tetapkan ini. Dengan demikian Anda bisa terpacu untuk fokus pada pemenuhan kebutuhan yang ditetapkan sesuai anggaran, hingga akhirnya bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Fokus Pada Kebutuhan, Bukan Keinginan 

Satu hal yang perlu Anda sadari sepenuhnya adalah, bahwa kebutuhan sangat berbeda dengan keinginan. Anda harus sadar betul dalam hal ini, dan mampu membedakannya secara obyektif. Kalau Anda sudah bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, maka Anda bisa segera menentukan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dalam sebulan. Buatlah sebuah daftar kebutuhan bulanan, dan catat semuanya dalam buku anggaran Anda. Biasakan untuk selalu mengutamakan kebutuhan yang berkelanjutan, seperti biaya sewa indekos/apartemen/cicilan rumah, anggaran untuk kebutuhan makan dan transportasi, biaya listrik dan pulsa, serta berbagai kebutuhan lainnya yang memang harus dipenuhi.

Selanjutnya selalu hindari beragam keinginan yang memang sebenarnya bukanlah sebuah prioritas, seperti keinginan untuk nongkrong di kafe setiap hari, nonton bioskop, membeli pakaian branded, dan sebagainya.

Selalu Prioritaskan Harga yang Lebih Murah

Dalam berbelanja, ada beberapa trik khusus yang  bisa kita lakukan, yakni sebisa mungkin selalu Upayakan untuk tidak berorientasi pada merek, melainkan lebih pada kualitas. Jika kualitas dari dua merek i barang itu sama biasanya pasti akan selalu ada perbedaan harga antara keduanya. Nah selalu prioritaskan untuk memilih produk dengan harga yang lebih murah.

Dalam hal ini Anda harus senantiasa ingat, bahwa tujuan Anda adalah hendak menghemat pengeluaran bulanan, sehingga sebisa mungkin upayakan agar hal ini bisa berjalan dengan baik dan selalu terarah sesuai dengan anggaran bulanan yang telah Anda susun diawal. Jadi, jangan pernah malu dan lelah dalam membandingkan harga serta mencari harga terbaik sesuai anggaran anda.

Catat Setiap Pengeluaran

Selain mencatat dan menghitung anggaran keuangan bulanan Anda, tidak oleh diabaikan begitu saja adalah, rutin mencatat setiap pengeluaran. Dengan begitu Anda akan bisa sangat dalam banyak hal. Pertama, Anda tahu pengeluaran untuk keperluan apa yang paling besar jumlahnya sehingga Anda bisa meredam nominal pengeluaran untuk keperluan tersebut. Kedua, Anda bisa memonitor arus kas Anda setiap bulannya. Ketiga, dari sekian banyak pengeluaran, Anda tahu apa yang harus diprioritaskan, dikurangi, atau dicarikan alternatif untuk produk sejenis yang lebih murah.

Itu tadi beberapa langkah mudah dalam melakukan penghematan yang bisa langsung Anda coba terapkan. Setelah itu coba pula bandingkan pengeluaran bulanan Anda dari waktu ke waktu, untuk mengetahui seberapa banyak Anda mampu menghemat pengeluaran bulanan sejauh ini.

Apabila Anda sudah berhasil berhemat, maka selamat, itu artinya Anda sudah memiliki sebuah dana cadangan yang siap untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan dimasa depan. Entah itu untuk biaya pendidikan anak, membiayai perjalanan ibadah, membeli atau merenovasi rumah, ataupun hal yang lainnya. 

Terakhir, jika Anda sudah mahir berhemat, upayakan membeli dan memiliki polis asuransi, seberapapun itu besar atau kecilnya. Tambahkan anggaran untuk membayar premi asuransi ini dalam anggaran kebutuhan pokok rutin bulanan Anda. Karena asuransi penting untuk membantu melindungi aset dan rencana keuangan masa depan Anda.

 

Video Pilihan

Pendapat Para Ulama Tentang Hukum Asuransi Dalam Islam

Artikel Asuransi

Baca Juga

Nama

agen asuransi,40,allianz,2,asuransi,157,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,19,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,45,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,investasi dan trading saham,2,jiwasraya,2,keuanganku,133,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,47,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,125,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,27,video populer,14,virus corona,56,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Bagaimana Cara Menghemat Pendapatan Agar Terbentuk Anggaran Masa Depan yang Siap Pakai
Bagaimana Cara Menghemat Pendapatan Agar Terbentuk Anggaran Masa Depan yang Siap Pakai
https://1.bp.blogspot.com/-M3km5hSJWcw/Xw62UYPh3bI/AAAAAAAACME/kMyaU8BlZaQygY6pO54Bc1nFIUwvNBfEACLcBGAsYHQ/s320/CAC1EAB0-E9E2-4124-A103-C23FA378DF6D.png
https://1.bp.blogspot.com/-M3km5hSJWcw/Xw62UYPh3bI/AAAAAAAACME/kMyaU8BlZaQygY6pO54Bc1nFIUwvNBfEACLcBGAsYHQ/s72-c/CAC1EAB0-E9E2-4124-A103-C23FA378DF6D.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2020/07/bagaimana-cara-menghemat-pendapatan.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2020/07/bagaimana-cara-menghemat-pendapatan.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close