Agen Asuransiku$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Begini Cara Aman Mengatur Konsumsi Mi Instan Agar Tidak Memicu Kanker

Sempat viral pria asal Bogor berinisial T (23) yang mengaku divonis dokter tidak bisa lagi makan mi instan seumur hidupnya karena kebiasaan ...

Sempat viral pria asal Bogor berinisial T (23) yang mengaku divonis dokter tidak bisa lagi makan mi instan seumur hidupnya karena kebiasaan buruknya. Pria ini terbiasa mengkonsumsi mi instan setiap hari dan membuatnya mengalami radang kerongkongan hingga muntah darah, dan dikhawatirkan kondisinya bisa menjadi kanker.

Menanggapi ini, ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengatakan pola makan tak sehat seperti mengkonsumsi mi instan yang berlebihan bisa menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD).

"GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan. Awalnya hanya perlukaan, luka yang terjadi bisa makin luas dan bisa menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah," jelas Prof Ari.

Lebih lanjut Pprof Ari menjelaskan bahwa GERD dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan, dan menyebabkan terjadinya penyakit barrett's (penyakit saluran pencernaan bagian atas) yang merupakan lesi prakanker.

Lalu, bagaimana cara aman mengatur konsumsi mi instan?

Menurut dokter spesialis onkologi radiasi dari Siloam Hospitals MRCCC Semanggi, dr Denny Handoyo Kirana, SpOnk-Rad, kandungan dalam mi instan yang beredar seharusnya aman. Ini karena sudah mengantongi izin edar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

"Jadi, kalau dimakan dalam jumlah yang cukup sesekali, misalnya dalam seminggu satu atau dua masih oke. Tapi, ya jangan pagi, siang, sore, makan mie instan," jelasnya mengutip detik.com, Rabu (24/6/2020).

dr Denny mengatakan, seseorang tidak bisa dibatasi saat makan mi instan karena variasinya banyak sekali. Untuk itu, sebagai konsumen harus cermat dalam memilih makanan dilihat dari komposisi bahannya.

"Kalau tulisan itu misalnya kadar natriumnya itu setara dengan kebutuhan seseorang satu hari mencapai 50 persen. Artinya dengan sebungkus mi instan kalau dia makan dua, dalam hari itu udah nggak boleh makan garam," pesan dr Denny.

"Kalau misalnya tulisannya di belakang kadar garamnya adalah 10 persen, artinya dari makanan lain dia masih boleh makan senilai 90 persen sisanya. Jadi dilihat keseimbangan komposisinya," lanjutnya.

Berikut 3 hal penting yang harus diingat saat mengkonsumsi mi instan menurut dr Denny.

Kadar natrium

dr Denny menjelaskan bahwa mi instan itu diawetkan dengan bahan yang mengandung garam. Jika kadar natrium atau kadar garam terlalu tinggi, bisa menyebabkan radang dan sakit tenggorokan.

Monosodium Glutamat (MSG)

Kandungan MSG atau penyedap juga disebut dr Denny tidak baik dikonsumsi berlebihan, karena bisa memicu kanker. Ini tentu tidak berlaku ketika mi instan dikonsumsi sewajarnya.

"Di dalam mi instan itu kan ada penyedap rasa, kalau dimakan dalam jumlah sedikit atau batasan yang boleh dimakan oleh orang nggak apa-apa, tetapi kalau orang itu makan secara berlebihan maka MSG ini berisiko atau berpotensi bikin kanker," lanjut dr Denny.

Bungkus mi instan

Bungkus mi instan juga memiliki kandungan zat kimia berbahaya jika termakan. Tak kalah berbahaya dibanding berlebihan mengonsumsi MSG dan kandungan natrium.

"Mi instan ada yang ditaro di plastik ada yang di cup kita tahu sterofoam, nah sterofoam ini kan punya ambang batas terhadap suhu, kalau kita kasih dia air panas di dalamnya, dia ada sebagian yang meleleh kena panas, nah dan sterofoam yang kena panas ini ada sebagian yang terlarut dalam yang kita makan, di dalam kuahnya, di dalam minyak, itulah yang lebih berbahaya dibanding natrium atau msg yang orang jadi kena kanker," pungkasnya.


COMMENTS

Baca Juga

Name

agen asuransi,41,allianz,3,asuransi,159,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,20,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,47,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,investasi dan trading saham,3,jiwasraya,2,keuanganku,139,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,53,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,3,Sequis Life,1,Serba-Serbi,134,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,28,video populer,14,virus corona,57,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Begini Cara Aman Mengatur Konsumsi Mi Instan Agar Tidak Memicu Kanker
Begini Cara Aman Mengatur Konsumsi Mi Instan Agar Tidak Memicu Kanker
https://1.bp.blogspot.com/-Q3_NmnQ7Axk/XvQaaQL8roI/AAAAAAAACBI/Nt_XiWF1ApckibGkQKyik-6AOIMe9mxyACK4BGAsYHg/s320/Desain%2Btanpa%2Bjudul%2B%252812%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Q3_NmnQ7Axk/XvQaaQL8roI/AAAAAAAACBI/Nt_XiWF1ApckibGkQKyik-6AOIMe9mxyACK4BGAsYHg/s72-c/Desain%2Btanpa%2Bjudul%2B%252812%2529.jpg
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2020/06/begini-cara-aman-mengatur-konsumsi-mi.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2020/06/begini-cara-aman-mengatur-konsumsi-mi.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH AGEN ASURANSI Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close