AGEN ASURANSI$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Agar Ekonomi Tetap Berjalan, Pasar Salatiga Terapkan Jaga Jarak

Gebrakan dilakukan oleh Pemkot Salatiga, Pasar pagi di Jalan Jenderal Soedirman, Salatiga disulap dan didesain khusus di jalanan dengan...

Gebrakan dilakukan oleh Pemkot Salatiga, Pasar pagi di Jalan Jenderal Soedirman, Salatiga disulap dan didesain khusus di jalanan dengan jarak antara kios satu dengan yang lain dibatasi. Bahkan, Jarak antara pembeli juga diatur secara khusus.
Langkah ini dilakukan sebagai penerapan protokol kesehatan physical distancing atau jaga jarak. Dengan langkah ini diharapkan bisa meminimalisir penyebaran virus corona, tanpa mematikan aktifitas ekonomi warga.
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto mengatakan konsep jaga jarak antara penjual dengan pembeli ini diterapkan untuk memudahkan dan membuat warga nyaman sekaligus aman saat belanja. Petugas juga disiagakan di lokasi masuk akses pasar untuk mengawasi penggunaan masker dan protokol kesehatan bagi warga yang hendak belanja.
"Jadi kami kasih kelonggaran bagi pembeli yang belanja di pasar pagi Salatiga. Solusi penyekatan ini sebagai upaya untuk tidak mematikan ekonomi masyarakat sebagai rujukan pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari tidak hanya masyarakat Salatiga, tapi juga Kabupaten Semarang," kata Yuliyanto saat dikonfirmasi, mengutip merdeka.com, Selasa (28/4).
Lebih lanjut, Dia menyebutkan, total ada 860 pedagang pasar pagi yang berjualan untuk memenuhi kebutuhan. Saat ini kondisi perekonomian masyarakat tengah dilanda kesulitan karena wabah corona. Kondisi bisa semakin parah jika pasar ditutup. Dikhawatirkan timbul kerawanan pangan.
"Jalan terbaik adalah menerapkan social dan physical distancing, serta memenuhi protokol kesehatan, mulai dari masker, tempat cuci tangan, serta hand sanitizer," jelasnya, mengutip dari media yang sama.
Pihaknya meminta petugas menindak tegas terhadap pedagang dan pembeli di pasar apabila tidak memakai masker. "Kami minta petugas awasi ketat para pedagang dan pembeli, kalau ketahuan tidak memakai masker suruh keluar, tidak boleh masuk pasar. Ini demi kesehatan bersama," ungkapnya.
Para penjual takjil juga diperbolehkan berjualan jelang buka puasa. Tapi syaratnya harus menjalankan protokol kesehatan dengan jaga jarak.
"Berjualan tidak apa-apa, tapi tetap jaga jarak antar pedagang dengan pembeli," ungkapnya.
Terpisah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi Pemkot Salatiga atas penataan jarak pedagang dengan pembeli agar tidak terjadi penumpukan masyarakat saat belanja di pasar pagi Salatiga.
"Itu contoh sangat keren dan bagus diterapkan di tengah pandemi covid-19. Saya melihat ide itu di Myanmar, Salatiga pertama menerapkan, itu sangat menginspirasi sekali," kata Ganjar Pranowo.
Menurutnya paradigma saat ini harus diubah mengingat masyarakat harus bisa hidup di tengah pandemi covid-19 termasuk sistem pasar atau sistem ekonomi.
"Sistem pasar kita harus diubah. Pilihannya adalah kita mengambil jalur tegas PSBB yang melarang semua orang keluar dan ekonomi berhenti, atau kita bisa melakukan seperti di Kota Semarang atau Banyumas yang melakukan pengetatan," terangnya.
Ganjar berharap daerah lain terutama bisa menerapkan hal serupa seperti Salatiga dengan menata dan pengetatan di berbagai bidang.
"Saya minta daerah lain bisa mengikuti pengetatan wilayah yang berpotensi berkumpulnya warga terutama pasar. Tentunya kalau diterapkan harus diatur agar semuanya aman," tutupnya.

Video Pilihan

Pendapat Para Ulama Tentang Hukum Asuransi Dalam Islam

Artikel Asuransi

Baca Juga

Nama

agen asuransi,40,allianz,2,asuransi,157,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,19,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,45,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,investasi dan trading saham,2,jiwasraya,2,keuanganku,133,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,47,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,125,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,27,video populer,14,virus corona,56,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Agar Ekonomi Tetap Berjalan, Pasar Salatiga Terapkan Jaga Jarak
Agar Ekonomi Tetap Berjalan, Pasar Salatiga Terapkan Jaga Jarak
https://1.bp.blogspot.com/-ADl9N9sSYVo/Xq2M6jnsabI/AAAAAAAABjg/qpS99N3wnJs5tcaSeuDpE4vRz-SJnaOVwCLcBGAsYHQ/s200/0AA3B979-3D08-42DF-B2DD-22CDF51B5C67.png
https://1.bp.blogspot.com/-ADl9N9sSYVo/Xq2M6jnsabI/AAAAAAAABjg/qpS99N3wnJs5tcaSeuDpE4vRz-SJnaOVwCLcBGAsYHQ/s72-c/0AA3B979-3D08-42DF-B2DD-22CDF51B5C67.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2020/05/agar-ekonomi-tetap-berjalan-pasar.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2020/05/agar-ekonomi-tetap-berjalan-pasar.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close