AGEN ASURANSI$type=slider$snippet=hide$cate=0$count=10

Begini Alur Pendaftaran Kartu Prakerja dan Rincian Insentifnya yang Harus Difahami

Pemerintah telah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja melalui situs resmi www.prakerja.go.id .  Kartu Prakerja adalah sebua...

Pemerintah telah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja melalui situs resmi www.prakerja.go.id
Kartu Prakerja adalah sebuah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.
Syarat pendaftaran peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. 
Pendaftaran program ini terdiri atas 3 (tiga) tahap. Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id
Selanjutnya pendaftar akan diminta untuk memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Data tersebut kemudian diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait. 
Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama sekitar 15 menit. 
Ketiga, pendaftar bergabung pada gelombang pendaftaran yang sedang dibuka. "Setiap minggunya, mulai 11 April 2020 sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta," kata dia. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. 
Untuk pendaftar yang belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, bisa bergabung pada gelombang selanjutnya. 
Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS.
Peserta bisa memilih pelatihan sesuai minat yang diinginkan pada platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker. 
Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000. Dana tersebut, diberikan dalam bentuk bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. Dana inilah yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan pada platform digital mitra yang telah ditentukan tersebut.
Sementara itu, sisanya adalah dalam bentuk insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo, atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri atas insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan, dengan total nilai Rp. 2,4 juta. Selain itu ada juga isentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei dengan total nilai Rp 150.000. 
Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Perlu diketahui, bantuan ini akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama.
Yang terakhir, sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

Video Pilihan

Pendapat Para Ulama Tentang Hukum Asuransi Dalam Islam

Artikel Asuransi

Baca Juga

Nama

agen asuransi,40,allianz,2,asuransi,157,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,11,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,19,asuransi sakit kritis,11,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,45,bisnis asuransi,2,BPJS,5,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,8,catatan dahlan iskan,4,fuse,4,generali,1,grab,1,investasi dan trading saham,2,jiwasraya,2,keuanganku,133,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan,2,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,47,Panin Dai-Ichi Life,1,prudential,47,Prudential ponorogo,3,prullink generasi baru,1,Saham,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,125,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,27,video populer,14,virus corona,56,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Begini Alur Pendaftaran Kartu Prakerja dan Rincian Insentifnya yang Harus Difahami
Begini Alur Pendaftaran Kartu Prakerja dan Rincian Insentifnya yang Harus Difahami
https://1.bp.blogspot.com/-dmP4zlTHBcY/XpJsGsaJguI/AAAAAAAABgc/ESDPFLHAPawJFfAO-ll3FdyZNn_fv8R-QCLcBGAsYHQ/s200/A704D2CF-05B0-47EC-B7C0-E73FE34E9DE8.png
https://1.bp.blogspot.com/-dmP4zlTHBcY/XpJsGsaJguI/AAAAAAAABgc/ESDPFLHAPawJFfAO-ll3FdyZNn_fv8R-QCLcBGAsYHQ/s72-c/A704D2CF-05B0-47EC-B7C0-E73FE34E9DE8.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2020/04/begini-alur-pendaftaran-kartu-prakerja.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2020/04/begini-alur-pendaftaran-kartu-prakerja.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close