loading...

E-Nak, Sapi di Banyuwangi Punya KTP Digital Sekaligus Jaminan Asuransi

Di Banyuwangi, Jawa Timur bukan hanya warga yang memiliki kartu identitas kependudukan, hewan ternak pun juga punya kartu pengenal da...



Di Banyuwangi, Jawa Timur bukan hanya warga yang memiliki kartu identitas kependudukan, hewan ternak pun juga punya kartu pengenal dan identitas layaknya E-KTP. Inovasi ini dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi, dengan  mendata hewan ternak, khususnya sapi, secara digital, melalui kartu Elektronik Ternak (E-Nak).
Dengan kartu E-Nak, sapi-sapi yang sudah terdaftar otomatis bisa terpantau riwayat usia, kesehatan, kehamilan, data kepemilikan dan lainnya. Bahkan, pemilik sapi yang telah mendapatkan E-Nak juga bakal mendapatkan jaminan asuransi.
"Fungsi kartu kepemilikan ternak ini sudah langsung terkoneksi dengan Nomor Induk Kependudukan (E-KTP) pemilik. Selain dapat asuransi, pemilik ternak juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan hewan untuk ternaknya," kata Kabid Budidaya dan Kelembagaan Ternak, Dinas Pertanian dan Peternakan Banyuwangi, Nanang Sugiharto, saat ditemui di Festival Inovasi di Gesibu Blambangan, sebagaimana dilansir detik.com Minggu (30/6/2019).
Syarat untuk memiliki Kartu E-Ternak cukup mudah, peternak cukup membayar Rp 40 ribu per tahunnya. Kemudian petugas peternakan bakal melakukan pendataan mendetail terhadap hewan dengan standar mutasi yang cukup.
Lebih lanjut, Nanang Sugiharto mencontohkan, agar mutasi data tidak terlalu cepat, dia menetapkan usia sapi harus di atas 6 bulan khusus sapi betina. Sebab sapi betina cenderung lama dipelihara dibanding sapi jantan. "Kalau jantan, giginya powel sudah dijual. Kalau betina 3-4 tahun masih dipelihara," imbuhnya.
Dari Rp 40 ribu yang dibayarkan oleh peternak pada saat pendaftaran itu, peternak akan mendapatkan asuransi sebesar RP 160 ribu untuk asuransi kepemilikan. Dengan asuransi ini, pemilik sapi bisa mendapatkan uang pengganti sebesar Rp 10 juta apabila sapinya mati akibat hal yang tidak diinginkan. Kemudian juga akan bisa mendapatkan Rp 9 juta jika sapinya terbukti hilang karena dicuri.
Dalam penjelasannya, Nanang Sugiharto menambahkan, bahwa asuransi ini disubsidi melalui APBN. Itupun masih banyak peternak yang tidak mau, karena khawatir jika asuransinya tidak cair. Padahal menurut Nanang, program ini memang benar dan peternak bisa mendapatkan pertanggungan asuransi yang menjadi haknya.
Melalui kartu E-Nak, para peternak juga akan terhindar dari upaya penipuan. Sebab riwayat kesehatan sapi akan terpantau melalui kartu tersebut dengan pendataan manual. Seperti pernah beranak berapa kali, pernah sakit, produktif tidaknya dan lainnya. Untuk mengetahui detail riwayat data sapi dan kepemilikan, bisa dilihat dari barcode yang terpasang di leher sapi.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Banyuwangi Made Wicaksana, dikutip dari media yang sama menambahkan,  melalui pendataan E-nak semua orang bisa melihat riwayat sapi cukup dengan menginstal aplikasi QR And Barcode di gawai android.
"Datanya akan muncul di website Pemkab Banyuwangi, cukup dengan scan barcode yang dikalungkan di sapi," ujarnya.


COMMENTS

BLOGGER
loading...
loading...
Name

adira insurance,1,agen asuransi,4,allianz,1,allianz syariah,1,asuransi,59,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,5,asuransi prudential,14,asuransi sakit kritis,8,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,30,bisnis asuransi,2,BPJS,2,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,5,catatan dahlan iskan,4,grab,1,investasi dan trading saham,2,keuanganku,56,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,26,prudential,1,prullink generasi baru,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,20,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,15,video populer,9,
ltr
item
Literasi Keuanganku: E-Nak, Sapi di Banyuwangi Punya KTP Digital Sekaligus Jaminan Asuransi
E-Nak, Sapi di Banyuwangi Punya KTP Digital Sekaligus Jaminan Asuransi
https://1.bp.blogspot.com/-gsVH3zmT12g/XRxVBd5zrpI/AAAAAAAAAd4/NdEKYuc1RP0SMQR8Eu7mBp9eg7zpUepMwCLcBGAs/s320/sapi.png
https://1.bp.blogspot.com/-gsVH3zmT12g/XRxVBd5zrpI/AAAAAAAAAd4/NdEKYuc1RP0SMQR8Eu7mBp9eg7zpUepMwCLcBGAs/s72-c/sapi.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2019/07/e-nak-sapi-di-banyuwangi-punya-ktp.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2019/07/e-nak-sapi-di-banyuwangi-punya-ktp.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close