loading...

Rahasia Dapur Perusahaan Asuransi Dalam Menjalankan Bisnisnya

Perusahaan asuransi menjalankan bisnisnya dengan cara mengambil alih risiko dari nasabah untuk ditanggung oleh perusahaan asuransi. C...



Perusahaan asuransi menjalankan bisnisnya dengan cara mengambil alih risiko dari nasabah untuk ditanggung oleh perusahaan asuransi. Cara perusahaan dalam membayar risiko adalah dengan mempergunakan akumulasi dana premi yang dibayarkan oleh nasabah.
Secara sederhana bisa digambarkan dalam contoh ini, semisal ada perkumpulan pedagang yang beranggotakan 100 orang, dan semuanya tergabung dalam sebuah program “Dana Sosial”. Karena itu, setiap pedagang diwajibkan untuk membayar iuran sebesar Rp3 juta, sehingga total iuran yang terkumpul adalah Rp300 juta.
Dari 100 orang pedagang tersebut, misalkan saja ada lima orang yang terkena musibah dengan kerugian masing-masing Rp20 juta, sehingga total kerugiannya adalah Rp100 juta.
Maka “Program Dana Sosial” yang bertindak sebagai penanggung risiko akan menggunakan akumulasi iuran tersebut untuk menutup risiko klaim pedagang yang terkena musibah. Sementara yang tidak terkena musibah  tentu saja tidak bisa menerima tanggungan dari “Program Dana Sosial” tersebut.
“Program Dana Sosial” inilah yang disebut sebagai asuransi. Sedangkan iuran yang dibayarkan tersebut adalah premi. Jadi guna asuransi adalah sebagai sebuah dana bantuan social kepada sesame anggota atau peserta, atau nasabah jika diantara nasabah peserta asuransi atau dana social tersebut mengalami suatu musibah.
Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan asuransi akan melakukan 3 tahap pekerjaan sederhana yang bisa digambarkan berikut ini:

Merekrut Anggota atau Peserta atau Nasabah

Perusahaan asuransi menawarkan produk dan mencari seseorang yang mau menjadi nasabah. Perusahaan asuransi akan membagi setiap pembeli asuransi atau pemegang polis ke dalam bagian yang berbeda-beda. Jadi, jika Anda menggunakan asuransi kesehatan, tidak akan dicampur dengan asuransi jiwa atau yang lainnya. Asuransi akan menanggung setiap kerugian Anda sesuai dengan porsi yang diambil oleh pemegang polis.
Proses merekrut nasabah ini biasanya dilakukan dengan beberapa cara, pertama melalui Bank Insurance, yakni perusahaan asuransi bekerja sama dengan bank, atau lembaga keuangan lain sejenis bank untuk memasarkan produk asuransinya kepada nasabah bank atau lembaga keuangan yang bersangkutan. Kedua melalui tenaga pemasar atau agen, yaitu perusahaan asuransi bekerja sama dengan perorangan yang mau menjadi tenaga pemasar atau agen, untuk memasarkan produk asuransinya. Biasanya seorang tenaga pemasar atau agen ini juga akan dibekali dengan berbagai macam training dan pelatihan, juga wajib mengantongi sertifikasi atau lisensi resmi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), sebagai tanda bahwa agen tersebut sudah memenuhi standard an kualifikasi untuk melakukan penjualan produk asuransi.

Mengumpulkan Premi:

Setelah seseorang menjadi Nasabah asuransi, maka ia akan diberi jadwal pembayaran premi, dalam hal ini nasabah bisa memilih untuk membayar premi setiap bulan, atau setiap 3 bulan sekali, atau setiap enam bulan sekali, atau bisa juga setiap setahun sekali, atau bahkan sekali bayar yang biasa disebut single premi, masing-masing perusahaan asuransi biasanya memiliki kebijakan yang berbeda terkait hal ini.
Melalui pembayaran premi ini maka jumlah uang dari setiap nasabah akan diakumulasi dan dikelola guna mengatasi permasalahan yang dialami oleh nasabah, yakni tentu saja nasabah yang melakukan klaim kepada perusahaan asuransi. Jadi, bisa dikatakan sistem yang dijalankan perusahaan asuransi adalah perputaran uang dari nasabah untuk menutup risiko yang dialami nasabah lain.

Membayar Klaim:

Jika terjadi klaim dari nasabah yang mengalami risiko, perusahaan asuransi harus membayarkan sesuai dengan ketentuan yang sudah tertuang dan tertulis didalam polis asuransi. Perusahaan asuransi juga akan memastikan bahwa kejadian atas klaim yang dilakukan oleh nasabah adalah benar-benar musibah dan bukan merupakan suatu kejadian yang disengaja.
Dalam klausul polis, biasanya sudah tertera perjanjian bahwa jika kejadian memiliki unsur kesengajaan, ganti rugi tidak akan diberikan perusahaan asuransi. Hal inilah terkadang yang menjadi penyebab, mengapa klaim asuransi yang dilakukan oleh nasabah tidak cair.
Dalam hal klaim ini, nasabah juga harus mencermati isi polisnya, karena dalam polis tersebut juga memuat hal-hal dan ketentuan lain, dalam kondisi seperti apa sebuah klaim tidak bisa dicairkan oleh perusahaan asuransi. Jadi bisa dikatakan, tidak semua klaim nasabah akan secara otomatis bisa dipastikan akan dicairkan oleh perusahaan asuransi. Klaim yang bisa dicairkan hanyalah klaim yang sesuai dengan klausul dan ketentuan serta perjanjian yang sudah tercantum dan tertulis didalam polis asuransi.
Memiliki asuransi akan membuat Anda merasa lebih nyaman, dan tidak lagi takut atau khawatir menghadapi masa depan. Dengan memahami cara kerja perusahaan asuransi di atas akan membuat Anda semakin mantap untuk ikut program asuransi.

loading...
loading...
loading...
loading...
Name

adira insurance,1,agen asuransi,4,allianz,1,allianz syariah,1,asuransi,69,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,5,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,15,asuransi sakit kritis,9,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,30,bisnis asuransi,2,BPJS,2,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,5,catatan dahlan iskan,4,grab,1,investasi dan trading saham,2,keuanganku,67,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,26,prudential,1,prullink generasi baru,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,29,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,15,video populer,10,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Rahasia Dapur Perusahaan Asuransi Dalam Menjalankan Bisnisnya
Rahasia Dapur Perusahaan Asuransi Dalam Menjalankan Bisnisnya
https://1.bp.blogspot.com/-MStollwLbXk/XQMatsnRaeI/AAAAAAAAAaM/qe7cYdP5-lUHI0eNfukgkAi3rGfBZz8FACLcBGAs/s200/ambulance_indon%25C3%25A9sie_2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MStollwLbXk/XQMatsnRaeI/AAAAAAAAAaM/qe7cYdP5-lUHI0eNfukgkAi3rGfBZz8FACLcBGAs/s72-c/ambulance_indon%25C3%25A9sie_2.jpg
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2019/06/rahasia-dapur-perusahaan-asuransi-dalam.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2019/06/rahasia-dapur-perusahaan-asuransi-dalam.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close