Tutorial Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Menghitung dan merencanakan persiapan biaya pendidikan anak menjadi hal yang sangat penting, bahkan sama pentingnya dengan pendidikan...



Menghitung dan merencanakan persiapan biaya pendidikan anak menjadi hal yang sangat penting, bahkan sama pentingnya dengan pendidikan itu sendiri. Tanpa sebuah perhitungan dan perencanaan yang matang, cita-cita si buah hati bisa jadi berantakan dikemudian hari, karena ketiadaan biayanya.
Tool untuk menghitung biaya pendidikan anak ini kurang lebih sama persis dengan tool yang biasanya digunakan oleh perencana keuangan profesional dalam membantu merumuskan persiapan biaya pendidikan anak kepada kliennya.
Dengan bahasa tabel yang mudah difahami, anda bisa menghitung dan merencanakan biaya pendidikan anak untuk kepentingan anda sendiri, ataupun untuk kepentingan klien anda jika anda adalah seorang agen asuransi, marketing funding perbankan, ataupun konsultan keuangan namun belum memiliki tool yang memadai. Dengan menggunakan tool ini, anda bisa menghitung, merumuskan, dan merencanakan persiapan biaya pendidikan anak layaknya seorang konsultan keuangan profesional. Klik DISINI untuk mengakses tool nya
Untuk bisa menggunakan tool ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.      Kolom “Usia”, adalah patokan usia anak biasanya mulai masuk sekolah pada tiap tingkatan. Usia 6 tahun umumnya anak mulai masuk Sekolah Dasar (SD), 12 tahun mulai masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), usia 15 tahun umumnya anak mulai masuk Sekolah Menengah Atas (SMA), dan pada usia 18 tahun biasanya masuk Perguruan Tinggi. Anda tidak perlu merubah angka-angka pada kolom usia ini.

2.  Kolom “Biaya Saat Ini”, adalah perhitungan biaya masuk sekolah yang berlaku pada saat perhitungan ini dilakukan, missal; biaya masuk Sekolah Dasar pada tahun 2019 ini adalah sebesar 5 juta rupiah, maka masukan angka 5 juta di kolom “Biaya Saat Ini” untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).

3.    Kolom “Asumsi Inflasi” adalah perkiraan biaya inflasi saat ini, yang berkisar di angka 10-15 % per tahun. Masukan angka inflasi, misalkan 10 % di kolom ini.

4.   Kolom “Masa Persiapan Biaya” ini diisi dengan jangka waktu, mulai usia anak anda saat ini sampai dia masuk Sekolah Dasar (SD). Jika anak anda saat ini berusia 3 tahun, berarti ada jangka waktu 3 tahun sampai dia masuk SD. Begitu juga jika anak anda berusia 4 tahun, berarti ada jangka waktu 2 tahun sampai dia berusia 6 tahun dan masuk SD. Misalnya, usia sekarang 4 tahun, berarti jangka waktunya adalah 2 tahun, masukan angka 2 pada kolom ini.

5.  Kolom “Nilai Masa Depan” akan secara otomatis terisi dengan nominal tertentu. Ini adalah hitungan dari biaya saat ini yang dikalikan 2 tahun dan inflasi. Dalam contoh ini keluar nominal Rp. 6.050.000. Artinya, biaya masuk SD pada tahun 2019 yang anda masukan pada kolom sebelumnya;  “Biaya Saat Ini”, adalah sebesar Rp. 5000.000, karena pengaruh inflasi sebesar 10% per tahun, sehingga pada saatnya anak anda masuk SD 2 tahun kemudian, biaya Rp. 5.000.000 itu akan berubah menjadi Rp. 6.050.000. Nominal ini sekaligus menjadi sebuah target yang harus dicapai dalam 2 tahun kedepan sebagai biaya masuk SD.

6.    Kolom “Masa Menabung” ini disi angka yang sama dengan kolom “Masa Persiapan Biaya”, jika tadi anda telah memasukan angka 2 tahun, maka masukan juga angka 2 tahun pada kolom ini. Artinya, anda memiliki waktu selama 2 tahun, mulai sekarang usia 4 tahun sampai anak masuk SD pada usia 6 tahun, untuk mempersiapkan dan menyicil agar nominal sejumlah Rp. 6.050.000 di kolom “Nilai Masa Depan” bisa tercapai.

7.  Kolom “Asumsi Return” adalah tingkat suku bunga atau bagi hasil dari tabungan, deposito, ataupun investasi, tempat anda menyimpan dana pendidikan ini. Kalau misalkan anda menyimpan dana pendidikan ini di rekening tabungan perbankan, maka bunga rata-ratanya adalah 0-1 % per tahun, jika nominal tabungannya dibawah 500 juta rupiah, jika anda menyimpannya dalam bentuk deposito perbankan, maka bunga rata-ratanya adalah 3-5,5 % per tahun, tergantung nominal simpanan dan suku bunga acuan dari Bank Indonesia. Misalkan anda memilih untuk menyimpan dalam bentuk rekening tabungan, maka masukan angka 2 % pada kolom ini.

8.     Kolom “Jumlah Tabungan/Tahun” secara otomatis akan terisi dengan sejumlah nominal. Dalam contoh ini terisi nominal sejumlah Rp. 2.936.323. Artinya, untuk mencapai target pada kolom “Nilai Masa Depan” yang sejumlah Rp. 6.050.000 itu, maka anda harus menabung sebesar Rp. 2.936.323 per tahun, jika menabungnya di rekening perbankan dengan perkiraan bunga tabungan sebesar 2 % per tahun. Anda harus menabung sejumlah angka dalam kolom ini selama 2 tahun, sesuai dengan jangka waktu usia anak saat ini.

9.   Kolom “Jumlah Tabungan/Bulan” juga akan terisi secara otomatis. Kolom ini adalah pembagian dari kolom “Jumlah Tabungan/Tahun” yang di bagi 12 (Bulanan), jika semisal anda ingin menabungnya dengan cara rutin setiap bulan.

10. Lakukan penghitungan yang sama, point 1-9, pada kolom selanjutnya untuk menghitung biaya masuk SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, sehingga akan didapatkan nominal total yang dibutuhkan untuk mempersiapkan biaya pendidikan buah hati tercinta ini.

VIDEO TUTORIAL


loading...

BACA JUGA$type=carousel

Name

adira insurance,1,agen asuransi,3,allianz,1,allianz syariah,1,asuransi,50,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,4,asuransi prudential,14,asuransi sakit kritis,8,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,25,bisnis asuransi,2,BPJS,1,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,4,catatan dahlan iskan,4,grab,1,investasi dan trading saham,2,keuanganku,49,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,21,prudential,1,prullink generasi baru,1,Sequis Life,1,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,13,video populer,7,
ltr
item
All About Finance, Insurance & Investment: Tutorial Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak
Tutorial Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak
https://4.bp.blogspot.com/-VyWzXnXBFfo/XNJ1UxEgkHI/AAAAAAAAAOc/TOkgjq8FCfIAuP6GFoVcueiE6ipT1fY2QCLcBGAs/s320/%2521.png
https://4.bp.blogspot.com/-VyWzXnXBFfo/XNJ1UxEgkHI/AAAAAAAAAOc/TOkgjq8FCfIAuP6GFoVcueiE6ipT1fY2QCLcBGAs/s72-c/%2521.png
All About Finance, Insurance & Investment
https://www.literasikeuanganku.com/2019/05/tutorial-cara-menghitung-biaya.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2019/05/tutorial-cara-menghitung-biaya.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy