loading...

Jangan Remehkan Inflasi Pendidikan

Jer Basuki Mowo Beyo, ini adalah falsafah masyarakat Jawa yang artinya kurang lebih; pendidikan itu membutuhkan biaya. Sebuah falsafa...



Jer Basuki Mowo Beyo, ini adalah falsafah masyarakat Jawa yang artinya kurang lebih; pendidikan itu membutuhkan biaya. Sebuah falsafah yang bisa jadi sangat tepat dengan konteks kekinian.
Biaya pendidikan jaman sekarang susah di prediksi, sehingga kemudian banyak orang tua yang kesulitan melakukan penghitungan terhadap biaya anak-anaknya. Akibat selanjutnya, para orang tua pun menjadi malas atau lupa untuk mempersiapkan biaya pendidikan bagi buah hatinya dimasa depan.
Inflasi biaya pendidikan menjadi salah satu alasan kenapa biaya pendidikan anak ini susah diprediksi. Mengutip dari Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi adalah kecenderungan naiknya harga barang dan jasa pada umumnya yang berlangsung secara terus menerus. Jika harga barang dan jasa di dalam negeri meningkat, maka inflasi mengalami kenaikan. Naiknya harga barang dan jasa tersebut menyebabkan turunnya nilai uang. Dengan demikian, inflasi dapat juga diartikan sebagai penurunan nilai uang terhadap nilai barang dan jasa secara umum.
Dalam konteks biaya pendidikan, inflasi bisa diartikan sebagai naiknya anggaran biaya pendidikan dari tahun ke tahun. Dan justru karena setiap tahun mengalami kenaikan, maka sebaiknya para orang tua memiliki persiapan khusus terkait anggaran ini sejak dini dan jauh-jauh hari.
Mengutip dari berbagai sumber, angka inflasi biaya pendidikan ini berkisar antara 7 hingga 15 % per tahun. Sebagai contoh, jika biaya masuk Perguruan Tinggi untuk tahun ini, misalnya saja adalah sebesar 50 juta rupiah, maka setahun yang akan datang biayanya akan naik menjadi 55 juta rupiah jika inflasinya sebesar 10 %.
Perhitungan ini akan berbeda lagi jika menghitung biaya masuk kuliah 5 atau 10 tahun yang akan datang. Karena konsep inflasi, misalnya 10 % per tahun tidaklah sama dengan 10 % dikalikan 10 tahun sama dengan 100 %. Jadi angka inflasi yang sebesar 10 % per tahun itu tidak bisa dihitung sebagai 100 % dalam 10 tahun. Karena konsepnya adalah bunga berbunga, sebagaimana hitungan bunga tabungan atau deposito.
Kesalahan melakukan penghitungan yang tepat terhadap angka-angka inflasi biaya pendidikan ini bisa jadi akan berakibat fatal dimasa depan. Karena itulah dibutuhkan sebuah alat penghitung khusus untuk memperoleh angka-angka yang tepat, sehingga orang tua pun bisa mempersiapkan dengan tepat pula berapa rupiah yang harus dia persiapkan setiap bulan atau setiap tahunnya khusus untuk persiapan biaya pendidikan buah hati tercinta ini.
Untuk itu, para orang tua tidak perlu khawatir, karena LiterasiKeuanganku.com sudah menyiapkan sebuah tools khusus yang bisa menghitung dengan tepat, perkiraan biaya pendidikan anak di masa depan, sekaligus juga menghitung berapa yang harus ditabung oleh para orang tua dalam setiap bulan atau setiap bulannya.
Klik disini untuk mengakses dan mencoba toolnya.

VIDEO PILIHAN




loading...
loading...
Name

adira insurance,1,agen asuransi,4,allianz,1,allianz syariah,1,asuransi,59,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,5,asuransi prudential,14,asuransi sakit kritis,8,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,30,bisnis asuransi,2,BPJS,2,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,5,catatan dahlan iskan,4,grab,1,investasi dan trading saham,2,keuanganku,56,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,26,prudential,1,prullink generasi baru,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,20,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,15,video populer,9,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Jangan Remehkan Inflasi Pendidikan
Jangan Remehkan Inflasi Pendidikan
https://4.bp.blogspot.com/-kdkVKl5QifU/XMsKhHb2HWI/AAAAAAAAAOE/RePCMcvk6Uwuc5pBzWr92qD1Vbd_WOPCQCLcBGAs/s200/INFLASI.png
https://4.bp.blogspot.com/-kdkVKl5QifU/XMsKhHb2HWI/AAAAAAAAAOE/RePCMcvk6Uwuc5pBzWr92qD1Vbd_WOPCQCLcBGAs/s72-c/INFLASI.png
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2019/05/jangan-remehkan-inflasi-pendidikan.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2019/05/jangan-remehkan-inflasi-pendidikan.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close