loading...

Fogging Bisa Berbahaya, 7 Tanaman Ini Bisa Menjadi Alternatif Pembasmi Nyamuk Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah patut diwaspadai di musim hujan seperti sekarang ini. Demam berdarah dengue atau DBD disebabkan oleh virus den...

Hasil gambar untuk nyamuk demam berdarah

Penyakit demam berdarah patut diwaspadai di musim hujan seperti sekarang ini. Demam berdarah dengue atau DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk betina Aedes aegypti. Virus dengue sendiri terdiri dari 4 jenis, yakni dengue tipe 1, 2, 3, dan 4. Namun, tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.
Penyakit demam berdarah sulit diprediksi, sebab, gejalanya mirip dengan gejala penyakit lainnya, misalnya demam tifoid. Pada umumnya, gejala yang muncul adalah demam tinggi, sakit kepala, bahkan bila sudah parah bisa sampai muntah darah. Akan tetapi, karena mirip gejala lain, sering terjadi salah diagnosis terhadap penyakit ini.
Selain gejala di atas, demam berdarah biasa ditandai juga dengan nyeri pada sendi, mual, dan hasil pemeriksaan trombosit yang menunjukkan penurunan hingga kurang dari 100.000 serta peningkatan kekentalan darah (hematokrit).
Pengasapan atau biasa dikenal dengan istilah fogging yang menggunakan bahan temenphos organofosfat, biasa dilakukan untuk membasmi nyamuk demam berdarah. Padahal, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penggunaan fogging  yang berulang-ulang justru dapat memberikan dampak resistensi pada nyamuk.
Para peneliti, telah beupaya menemukan cara lain yang lebih alami dan aman bagi kesehatan untuk membasmi nyamuk demam berdarah. Indonesia sendiri kaya akan jenis tanaman yang sudah sejak dahulu kala dimanfaatkan untuk kebutuhan obat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah untuk membasmi nyamuk. Bahkan, beberapa tanaman tengah dikembangkan sebagai insektisida nabati atau larvasida (pembasmi larva nyamuk) nabati untuk menggantikan insektisida kimia.
Dikutip dari klikdokter.com, berikut ini adalah beberapa tanaman yang bisa digunakan sebagai anti nyamuk demam berdarah;

1. Kunyit

Dijelaskan dalam Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan tahun 2013 yang diterbitkan oleh Badan Litbang Kemenkes RI Baturaja, kandungan minyak atsiri dalam tanaman kunyit berguna sebagai bahan pembasmi nyamuk penyebab demam berdarah.
Selain itu, jika dikonsumsi, kurkumin yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses pemulihan penyakit demam berdarah.

2. Daun Sirih

Masih dari jurnal yang sama, kandungan bahan aktif alkaloid, fenol dan kavikol pada tanaman merambat ini dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan perkembangbiakan nyamuk.

3. Melati

Penelitian yang dilakukan oleh Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (BALABA) Ciamis menemukan hasil bahwa melati merupakan tanaman yang memiliki efektifitas paling tinggi dibandingkan dengan tanaman lainnya dalam pembasmian nyamuk.
Bagian bunga dari tanaman melati mengandung minyak atsiri yang biasa digunakan untuk menghalau nyamuk.

4. Serai

Sebagai tanaman yang cukup banyak ditanam oleh masyarakat karena digunakan untuk memasak, menurut BALABA tanaman serai juga cukup efektif dalam menghalau nyamuk berkat kandungan atsiri dan sitronela di dalamnya.
Itulah sebabnya, serai kerap diandalkan sebagai bahan dasar obat pengusir nyamuk. Gunakan air yang diberikan potongan serai sebagai penyegar ruangan atau rebus serai dan gunakan airnya untuk mengepel lantai rumah Anda, agar nyamuk enggan “bertamu”.

5. Pisang raja

Anda penyuka pisang? Ternyata tanaman buah berwarna kuning ini juga bisa membasmi nyamuk, lo. Flavonoid dan saponin yang ada pada ekstrak kulit pisang efektif dalam mematikan larva nyamuk Aedes aegypti.
Kedua senyawa tersebut bekerja dengan menghambat saluran pencernaan nyamuk serta bersifat toksik bagi larva nyamuk. Hal ini dijelaskan dalam jurnal Higiene tahun 2016.

6. Rambutan

Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Andalas menemukan bahwa ekstrak etanol biji rambutan mampu mematikan larva nyamuk Aedes aegypti hingga 80 persen setelah dipaparkan selama 24 jam.
Hal ini membuktikan bahwa tanaman rambutan bisa dimanfaatkan bijinya sebagai bahan larvasida nabati. Penelitian ini dirilis dalam Jurnal Kesehatan Andalas tahun 2018.

7. Cengkih

Minyak atsiri pada daun cengkih mengandung zat eugenol yang bekerja memengaruhi sistem saraf nyamuk. Selain itu, sama seperti pada pisang raja, Cengkih – atau sering disebut cengkeh – juga memiliki flavonoid yang melumpuhkan saraf pernapasan nyamuk, sehingga menyebabkan kematian.
Dengan penggunaan berbagai tanaman di atas sebagai insektisida alami, maka pembasmian nyamuk akan lebih bersahabat bagi lingkungan.
Kini Anda telah mengetahui berbagai tanaman yang ternyata dapat menjadi bahan insektisida pembasmi nyamuk demam berdarah. Beragam tanaman di atas bisa Anda manfaatkan sebagai upaya lain untuk menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.
Selain upaya-upaya untuk mencegah terjadinya sakit demam berdarah, ada baiknya juga anda membekali diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan yang tepat sebagai antisipasi jika resiko sakit tetap terjadi. Karena  ada hal-hal yang tetap berada diluar kendali kita terkait dengan resiko sakit dan kesehatan. Anda bisa klik tautan ini untuk menemukan agen asuransi dan berkonsultasi langsung dengan agen yang tepat, dan dekat dengan tempat anda berdomisili.
loading...
loading...
loading...
loading...
Name

adira insurance,1,agen asuransi,4,allianz,1,allianz syariah,1,asuransi,69,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,5,asuransi pendidikan,1,asuransi prudential,15,asuransi sakit kritis,9,asuransi syariah,2,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,30,bisnis asuransi,2,BPJS,2,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,5,catatan dahlan iskan,4,grab,1,investasi dan trading saham,2,keuanganku,67,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,26,prudential,1,prullink generasi baru,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,29,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,15,video populer,10,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Fogging Bisa Berbahaya, 7 Tanaman Ini Bisa Menjadi Alternatif Pembasmi Nyamuk Demam Berdarah
Fogging Bisa Berbahaya, 7 Tanaman Ini Bisa Menjadi Alternatif Pembasmi Nyamuk Demam Berdarah
https://mediskus.com/wp-content/uploads/2016/07/ciri-nyamuk-demam-berdarah.jpg
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2019/02/fogging-bisa-berbahaya-7-tanaman-ini.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2019/02/fogging-bisa-berbahaya-7-tanaman-ini.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close