loading...

Viral, Curhatan Warganet Tentang BPJS Kesehatan

Pengalaman adalah guru terbaik, nasehat ini mungkin ada benarnya. Setidaknya jika kita baca status facebook warganet ini. Melalui curha...


Pengalaman adalah guru terbaik, nasehat ini mungkin ada benarnya. Setidaknya jika kita baca status facebook warganet ini. Melalui curhatannya terkait BPJS Kesehatan yang segera saja menjadi viral, Putu Artana ingin berbagi pengalaman pahitnya kepada orang-orang.
Menurut pantauan admin saat artikel ini ditulis, saking viralnya status ini telah dishare sebanyak 3,8 ribu kali, dikomentari 1,2 ribu kali, dan mendapatkan like tidak kurang dari 2,5 ribu.
Apa sih isinya kok bisa begitu viralnya status ini? yuk simak saja dibawah ini;

BPJS

Barang ini membuat saya kesal luar biasa, rasa 'kesal' ini saya alami ketika harus membayar sebesar Rp. 240.000,- per bulan (3 kepala di KK orang tua saya dengan kelas paling atas). Pada rentang tahun 2015 hingga akhir 2017, total uang yang saya sudah bayarkan sekitar 8.6 juta. Mungkin lebih banyak, bersama denda-dendanya.
Kesalnya semakin menjadi ketika mengetahui ada yang lupa membayar tagihan hingga 6 bulan, bayarnya sekaligus dan ada denda pula.
Seandainya saja uangnya ditabung, mungkin bisa beli drone baru atau kamera yang bikin hati senang. Grrrrr!!!
Alam semesta bekerja dengan hukum-hukum yang sudah ditetapkan oleh-Nya. Ketika terpeleset maka gravitasi akan memainkan peran dan hukumnya. Bapak saya kecelakaan di tempat yang terbilang sepele. Beliau biasa naik atap pasang penangkal petir, biasa naik tower, tiang listrik dan sebagainya - tidak pernah mengalami incident berarti.
Incident di tempat sepele di bulan April 2018 ini menggeser ruas ruas tulang leher beliau dan melumpuhkan sistem motorik dan sensorik dari leher ke bawah (lumpuh dan mati rasa).
Sedih? Tidak ada waktu untuk sedih, fokus pada solusi. Sudah terjadi, gak ada guna pakai acara sedih dan cari-cari siapa yang salah.
RS Umum Klungkung tidak menyanggupi penanganan, maka dirujuklah ke RS Sanglah Denpasar. Dan dengan cepat para dokter observasi dan menemukan ada penekanan di saraf leher yang mengakibatkan kelumpuhan. Solusi satu-satunya adalah operasi untuk melepaskan tekanan kepada saraf-saraf tersebut. Rembug keluarga sepakat untuk operasi.
Gelisang satwa enggal (fast forward) - proses operasi berlangsung lancar dan pemulihan berlangsung sekitar 2 minggu. Total tagihan yang harus saya urus sekitar Rp. 60.700.000,-.
Saya sudah siapkan dana dengan menjual aset liquid, mencairkan tabungan dan kartu kredit untuk jaga-jaga (baca: kartu utang) dengan limit lumayan (lumayan bikin manyun maksudnya). Maklum kita-kita ini masih status karyawan generasi Sandwich, jadi harus hati-hati mengatur pengeluaran.
Bisa googling dulu apa itu generasi Sandwich.
Apakah masih kesal? Masih sangat dan kesal pake banget. Sampai akhirnya saya diinformasikan bahwa semua biaya ditanggung oleh BPJS. Termasuk biaya ambulance, tindakan, obat, laboratorium, rawat inap dan ICU.
Whaaattt? Seriously? Come on, you must be joking! Pokoknya gitu deh ekspresinya
Semua hormon hormon yang bikin kesal hilang, kortisol dan hormon negatif lainnya lenyap seketika.
Saya setengah tidak percaya, terlebih pengalaman buruk sekitar tahun 2012, harus membiayai operasi siku adik kedua sebesar 38 juta (ini serasa dipalak, diancam, ditakut-takuti dan diperas oleh banyak oknum, tapi kita semua sudah move on - lebih baik energi otak dialihkan ke tempat lain).
Oke urusan bayar-bayar sudah beres dan lega. Sekarang bisa fokus ke pemulihan pasca operasi bapak dan tentunya fokus ke pekerjaan generasi Sandwich yang juga generasi milenial.
Tentunya sekarang rajin bayar BPJS. Heheheh..
Q: Lah kan BPJS merugi, denger-denger katanya salah Jokowi ya?
A: Ya elah, bagi negara BPJS itu bukan profit center tapi cost center. Uang yang dikumpulkan dari iuran sekitar 88T dan pengeluaran buat membayar sakit-sakit macam cerita saya sekitar 95T. Defisit 7T diambil dari APBN. Artinya negara membantu rakyatnya membayar tagihan kesehatan melalui BPJS. Makanya bayar BPJS yang rajin.
Q: Terus kita harus berterima kasih sama Jokowi gitu?
A: Mohon jangan kait-kaitkan dengan pilpres ya. BPJS adalah program pemerintah semenjak tahun 1990 an (dulu namanya ASKES). Mulai dari pak Harto, bu Mega, Gus Dur, pak SBY dan pak Jokowi harus diberi ucapan terima kasih (termasuk para cerdik pandai dibelakang beliau-beliau).
Yang perlu kita awasi adalah penggunaannya, jangan sampai uang yang terkumpul hingga puluhan triliun ini dikorupsi oleh tikus-tikus kantor.
Jika nanti ada surplus, bolehlah dipakai oleh negara untuk keperluan lain seperti bangun RS baru, beli alat-alat kedokteran baru, upgrade qualitas SDM dst.
Note: sekarang rakyat miskin iurannya dibayarkan oleh negara melalui program JKN-KIS dan penerima namanya PBI (Penerima Bantuan Iuran). Jumlahnya bisa dilihat di website BPS, jangan liat di blog abal-abal.
Q: Apakah BPJS program sempurna?
A: Jelas tidak sempurna sama sekali. Masih banyak yang harus dibenahi seperti tunggakan yang belum/lambat dibayar hingga 5T, peserta yang tidak membayar tepat waktu dan mekanisme lainnya yang terkesan ribet.
Q: Ini kampanye pilpres ya?
A: Gak banget, karena saya pendukung mas Agus AHY yang gagah dalam arti sebenarnya. Dan ini gak ada hubungan dengan pilpres. Ini adalah program pemerintah, siapapun pemimpinnya (guru wisesa) wajib didukung.
Q: Apa kepanjangan dari BPJS
A: Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita.
CLBK (Chat Lama Beli Kagak). #apasih

Q: Ada pesan terakhir?
A: kayak film kungfu aja, pakai pesan terakhir. Tapi okelah; Untuk semua generasi produktif milenial, jika sudah menghasilkan materi secara "cukup" - tidak ada ruginya membayar BPJS secara teratur. Jika tidak dipakai sendiri, mungkin ada saudara-saudara kita di belahan pulau lain yang akan terbantu.
BPJS "Dengan Gotong-Royong Semua Tertolong".
P.S. saya kasi screenshot biar gak dibilang hoax. Dan tagihan-tagihan pasca operasi juga ditanggung oleh BPJS hingga sekarang.
Kalo ada yang nanya ngapain di Chernobyl, tolong kasi tahu saya sedang ngumpulin Uranium buat bikin PLTN. 



loading...
loading...
Name

adira insurance,1,agen asuransi,4,allianz,1,allianz syariah,1,asuransi,59,asuransi kendaraan,3,asuransi kesehatan,5,asuransi prudential,14,asuransi sakit kritis,8,asuransi terbaik 2018,9,asuransi terbaik 2019,2,berita asuransi,30,bisnis asuransi,2,BPJS,2,BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan,5,catatan dahlan iskan,4,grab,1,investasi dan trading saham,2,keuanganku,56,klaim asuransi milyaran,1,legiman pengemis pati,1,liburan akhir tahun,1,lowongan pekerjaan agen asuransi,1,marketing academy,26,prudential,1,prullink generasi baru,1,Sequis Life,1,Serba-Serbi,20,syahrini,1,tahun baru 2019,1,tarif tol trans jawa,1,tips kesehatan,15,video populer,9,
ltr
item
Literasi Keuanganku: Viral, Curhatan Warganet Tentang BPJS Kesehatan
Viral, Curhatan Warganet Tentang BPJS Kesehatan
https://3.bp.blogspot.com/-x96jiCdqlNs/XC8U5-gvEvI/AAAAAAAATZQ/kDvi1Hun0pYOPr9Hc7lX3Jx7m4b074fUwCLcBGAs/s640/49339618_10217080259696727_2224374875542257664_n.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-x96jiCdqlNs/XC8U5-gvEvI/AAAAAAAATZQ/kDvi1Hun0pYOPr9Hc7lX3Jx7m4b074fUwCLcBGAs/s72-c/49339618_10217080259696727_2224374875542257664_n.jpg
Literasi Keuanganku
https://www.literasikeuanganku.com/2019/01/viral-curhatan-warganet-tentang-bpjs.html
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/
https://www.literasikeuanganku.com/2019/01/viral-curhatan-warganet-tentang-bpjs.html
true
8999826961204974482
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close