Kendaraan Hilang Dipinjam Teman Tak Diganti Asuransi? - Referensi Memilih Asuransi & Investasi
Most Popular

Friday, 21 December 2018

Kendaraan Hilang Dipinjam Teman Tak Diganti Asuransi?


Asuransi selalu melekat pada tiap pembelian kendaraan secara kredit. Untuk asuransi mobil terdiri dari dua jenis, yakni Total Loss Only (TLO) dan komperhesif.
Sementara motor hanya TLO. Keduanya sama-sama mengganti utuh kendaraan jika hilang. Kendaraan yang diganti tentu masih dalam masa cicilan.
Tetapi yang perlu digarisbawahi adalah asuransi tidak akan memberikan penggantian kendaraan milik konsumen jika dihilangkan secara sadar. Misalnya dipinjamkan ke teman, namun teman Anda dan kendarannya ikut hilang.
Seperti yang disampaikan Head of Communication and Event Asuransi Astra, Iwan Pranoto. Dia mengatakan kalau secara sadar meminjamkan mobil atau motor ke teman lalu hilang, itu tidak akan diganti, karena kasusnya penggelapan.
“Kecuali temannya masih ada, mungkin bisa diganti. Kami investigasi pihak ketiga (temannya) dan melibatkan kepolisian dan investigator dari asuransi untuk memastikan kalau benar-benar hilang,” kata Iwan kepada VIVA saat ditemui di Happiness Race be The Happy One di Kota Tua, Jakarta, Sabtu 24 November 2018.
Sambung dia, proses tidak akan menjadi sulit jika pemiliknya memang mengalami kehilangan. Secara otomatis pihak asuransi akan menggantinya. Walaupun proses investigasi dan pelampiran bukti kehilangan dari surat polisi tetap diperlukan untuk proses penggantian.
“Ada investigasi, surat kehilangan polisi dan bukti-bukti lainnya. Begitu terbukti kami akan langsung ganti, tidak sampai sebulan harusnya. Kami juga ingin menyelesaikannya dengan cepat,” katanya.


*Artikel Asli dari viva.co.id

No comments:
Write komentar