Rekor Jumlah Pendaftar CPNS 2018 Membeludak? Inilah Yang Menjadi Sebabnya - Referensi Memilih Asuransi & Investasi
Most Popular

Wednesday, 7 November 2018

Rekor Jumlah Pendaftar CPNS 2018 Membeludak? Inilah Yang Menjadi Sebabnya




Musim pendaftaran CPNS tahun ini benar-benar memecahkan rekor. Selain prosesnya yang nyaris full digital, jumlah pendaftarnya juga membeludak. Beberapa media menyebutkan angka lebih dari 4 juta pendaftar tahun 2018 ini.
Profesi sebagai pegawai negeri sipil tampaknya memang masih menjadi profesi idaman di Indonesia. Paling tidak ada tiga alasan kenapa profesi satu ini begitu diburu oleh para pencari kerja.
Yang pertama adalah faktor gaji dan kesejahteraan, yang kedua faktor jaminan kesehatan, dan terakhir adalah faktor jaminan hari tua atau pensiun.
Tetapi tahukah anda bahwa seorang PNS wajib membayar IWP (Iuran Wajib Pajak) yg dipotong secara otomatis dari jumlah keseluruhan gaji dengan besaran 10% setiap bulan selama masih berdinas aktif.
Dari sinilah sebenarnya jaminan hari tua atau uang pensiun seorang PNS berasal. Jadi bukan semata-mata sebuah fasilitas gratis yang diberikan oleh pemerintah.
Perincian penggunaan potongan 10% dari penghasilan PNS itu adalah, digunakan sebagai iuran BPJS kesehatan 2%, dan sisanya dikelola oleh TASPEN sebesar 8% (Tabungan Hari Tua 3,25% dan program pensiun 4,74%). Kalau anda selama ini sering mendengar TASPEN tetapi belum mengetahui singkatannya, maka TASPEN itu adalah singkatan dari Tabungan Asuransi Pegawai Negeri. Jadi jelas, BPJS dan TASPEN adalah lembaga keuangan yang dibentuk pemerintah dan bergerak dibidang asuransi.
Kemudian Bagaimana dengan anda yang bukan PNS ?
Bisakah punya dana pensiun ?
Berhakkah anda punya tunjangan hari tua ?

Tentu saja sangat bisa dan berhak. Caranya? Harus ada orang atau bahkan diri anda sendiri, yang memaksa untuk memotong 10 % dari penghasilan anda untuk di alokasikan membayar premi asuransi. Dalam hal ini yang paling tepat adalah asuransi unit link. Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menjual produk asuransi unit link ini. Salah satunya adalah Prudential dengan produk barunya; PruLink Generasi Baru, yang mengalokasikan uang anda untuk diinvestasikan sejak premi pertama dibayarkan.



No comments:
Write komentar

Silahkan berkomentar dan berdiskusi

Pilih Agen Asuransi

loading...