Manfaatkan Layanan Skrining Kesehatan Gratis Dari BPJS Kesehatan, Agar Bebas Dari Resiko Penyakit Kronis - Referensi Memilih Asuransi & Investasi
Most Popular

Sunday, 11 November 2018

Manfaatkan Layanan Skrining Kesehatan Gratis Dari BPJS Kesehatan, Agar Bebas Dari Resiko Penyakit Kronis



Masyarakat akan sangat di untungkan dengan keberadaan program JKN-KIS yang telah digulirkan oleh pemerintah. Selain bisa mendapatkan  penanganan  medis  di fasilitas kesehatan yang bekerja sama denga BPJS Kesehatan saat terkena penyakit, Peserta juga bisa  mendapatkan  manfaat  pelayanan  promotif  dan  preventif, seperti  skrining  kesehatan  untuk  mendeteksi risiko penyakit dan mencegah dampak lanjutan dari risiko penyakit tertentu.
Sebagaimana di lansir dari majalah “Info BPJS Kesehatan” edisi 991, salah satu dari beberapa pelayanan skrining kesehatan yang bisa didapatkan oleh peserta JKN-KIS adalah pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Papsmear. Tujuan dilakukannya pemeriksaan ini adalah guna mendeteksi kemungkinan adanya kanker serviks. Yakni salah satu jenis kanker yang termasuk paling mematikan pada wanita. Kanker ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Deteksi dini kanker serviks ini sudah masuk dalam skema pembiayaan program JKN-KIS, sehingga peserta JKN-KIS bisa melakukan skiring tanpa perlu lagi mengeluarkan uang untuk biayanya.
Jika peserta JKN-KIS ingin melakukan deteksi dini tehadap resiko kanker serviks ini, peserta dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang memiliki pelayanan   Papsmear dan IVA, dan meminta untuk dilakukan pemeriksaan. Jika nantinya dari hasil pemeriksaan tersebut peserta JKN-KIS terdapat hasil sel serviks yang tidak normal atau  berupa lesi  pra  kanker, maka dapat  dilakukan  terapi  krioterapi,  yaitu  metode  perusakan  sel-sel  pra  kanker  dengan  cara  dibekukan.
Terapi  krioterapi ini juga bisa dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Akan tetapi bagi peserta JKN-KIS yang membutuhkan pemeriksaan dan penatalaksanaan lanjutan, FKTP  nantinya akan bisa merujuk peserta tersebut ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan  medis lebih lanjut.
Perlu dikahui, bahwa deteksi  dini  kanker  serviks  menggunakan  metode  IVA  dan  papsmear  ini merupakan  hal  yang  sangat penting. Karena infeksi yang disebabkan oleh virus HPV, yang  umumnya ada pada alat kelamin ini; pada stadium awal penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun. Celakanya, ketika sudah berada pada stadium lanjut, kanker serviks ini akan menjadi  sulit untuk disembuhkan.
BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan mobile skrining untuk mendeteksi gejala penyakit    kronis sepert diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik, dan juga jantung koroner. Gejala dari beberapa penyakit kronis ini seringkali diabaikan oleh masyarakat. Pada fase awal, umumnya mereka tidak merasa terganggu oleh gejala yang muncul. Kebanyakan barulah sadar mereka mengidap penyakit tersebut ketika sudah mencapai fase lanjut. Karenanya, perlu dilakukan  skrining kesehatan untuk mengetahui risiko penyakit tersebut. 
Dengan adanya layanan mobile skrining yang lebih mudah dan  praktis,  peserta  JKN-KIS  tidak  harus melakukan skrining riwayat kesehatan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan. Mereka kini bisa melihat potensi risiko kesehatannya melalui menu Skrining Riwayat Kesehatan pada aplikasi Mobile JKN.

No comments:
Write komentar

Silahkan berkomentar dan berdiskusi

Pilih Agen Asuransi

loading...